Minggu, 22 Mei 2016

Minimnya Kesadaran Membuang Sampah Pada Tempatnya

Minimnya Kesadaran Membuang Sampah Pada Tempatnya

         Satu hal yang diajarkan sejak umur dini sampai tua pun masih saja banyak yang menyepelekannya. Kita dari kecil diajarkan apa itu fungsi tempat sampah, yaitu tempat untuk meletakkan sampah kita, sehingga ada tempat untuk sampah agar tidak tercecer di tempat yang bukan semestinya. Tapi apa yang saya lihat di kenyataan sekarang ini, jauh dari kata penerapan edukasi. Sepertinya pelajaran membuang sampah pada tempatnya hanya berlaku di bangku sekolah saja, tidak berlaku dan diterapkan di lain tempat.

(pict from: eramuslim.com)

 Padahal masyarakat tahu betul dampak buruk dari tindakan membuang sampah sembarangan, selain merusak pemandangan juga menimbulkan bencana banjir bahkan dari bencana ini bisa merenggut nyawa seseorang, misalnya tenggelam, atau karena penyakit yang ditimbulkan karena kotornya lingkungan dampak dari banjir. Dengan adanya bukti dan fakta seperti ini pun juga tidak menyadarkan masyarakat akan kesadaran diri peduli terhadap lingkungan, dimulai dari membuang sampah pada tempat sampah.
 Contoh dampak dan akibat membuang sampah sembarangan :
1. Banjir
(pictfrom: kompas.com)

2.Kumuh dan merusak pemandangan

(pictfrom: metro,news.viva.co.id)
3. Sarang nyamuk dan penyebab penyakit
( pictfrom:ejpcertis.com)
      Membuang sampah pada tempatnya merupakan sesuatu yang harus dibiasakan agar menjadi suatu kebiasaan baik, kalau memang belum dibiasakan dan menyadari arti pentingnya, seseorang belum akan perhatian untuk membuang sampah mereka pada tempatnya. Saya sadari betul ini merupakan tindakan sederhana namun sulit dalam pencapaian aktualnya. Tindakan membuang sampah pada tempatnya yang harusnya menjadi budaya, malah sebaliknya, buang sampah sembarangan menjadi budaya masyarakat sekarang. Mereka hanya berteriak ke pemerintah setempat karena kawasannya banjir, kawasannya kumuh, kotor banyak terjangkit penyakit. Dalam hal ini yang patut disalahkan adalah warga penghuni kawasan tersebut, bukan pemerintah!
Mari awali sesuatu yang baik dari diri kita sendiri. Tetap semangat ^_^

0 komentar:

Posting Komentar